Jumat, 03 September 2010

Jenis dan Arti Bunga Mawar

Setujukah Anda bila saya katakan bahwa gambar bunga mawar biru di samping ini sangat mempesona sekali…!? Yah, Anda pasti setuju, bukan…? :)
Apa yang ada di dalam benak Anda ketika menerima sekuntum atau bahkan berkuntum-kuntum bunga mawar dari seseorang yang Anda sayangi? Mampukah Anda membaca bahasa bunga (floriography) yang telah Anda terima ? Selain tentu saja membuat hati Anda berbunga-bunga, namun jangan sampai Anda salah mengartikan atau bahkan tidak mengerti sama sekali arti dan makna yang terkandung dari bunga mawar tersebut.
Begitu juga sebaliknya, bagi Anda yang ingin memberikan bunga mawar terhadap seseorang yang Anda sayangi… Alangkah baiknya terlebih dahulu Anda memahami apa makna dan arti bunga mawar yang menjadi pilihan Anda untuk diberikan kepada seseorang yang sangat special dalam hidup Anda saat ini.
Bunga mawar merupakan tanaman bunga hias berupa herba dengan batang berduri. Bunga mawar adalah Ratu dari segala bunga   yang merupakan simbol atau lambang kehidupan religi dalam peradaban manusia. Bunga mawar berasal dari dataran Cina, Timur Tengah dan Eropa Timur. Dalam perkembangannya, menyebar luas di daerah-daerah beriklim dingin (sub-tropis) dan panas (tropis).
Masihkah Anda mengingat kisah cinta paling memilukan antara Mark Anthony dan Cleopatra? Bunga mawar adalah tanda kehormatan dan kesetiaan Cleopatra kepada Mark Anthony.  Shakespeare seorang pujangga Inggris memuja bunga mawar yang dianggap melambangkan keperkasaan. Kuntuman mawar dengan daun dan tangkai batangnya yang berduri melambangkan kegagahan yang menyatu dengan keindahan dan keharuman. Mawar dianggap sebagai lambang keremajaan, cinta, kasih dan keindahan. Mawar juga digalakkan ditanam di halaman rumah karena ia dipercayai dapat membawa rezeki kepada pemilik.
Dalam kebudayaan Barat, mawar adalah bunga lambang cinta dan kecantikan. Bunga mawar dianggap suci untuk beberapa dewa dalam mitologi Yunani seperti Isis dan Aprodite. Sementara di Georgia, bunga mawar merupakan simbol anti-kekerasan sewaktu terjadi Revolusi Mawar di tahun 2003.
Hmmm…, ternyata peranan bunga mawar sungguh sangat luar biasa sekali, bukan!? Dan untuk lebih jelasnya  berikut adalah jenis dan arti bunga mawar :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar